Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Mansyur Institut Parahikma Indonesia

Keywords:

Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar

Abstract

Dalam sistem pendidikan modern, fungsi guru sebagai penyampai pesan-pesanpendidikan perlu dibantu dengan media pembelajaran agar proses pembelajarandapat berlangsung secara efektif. Hal ini disebabkan karena pekerjaan guruadalah pekerjaan profesional yang membutuhkan kemampuan dan kewenangan. Kemampuan guru dalam menjalankan perannya sebagai pengajar,administrator dan pembina ilmu dapat dilihat dari sejauhmanakah guru dapatmenguasai metodologi media pendidikan di sekolah untuk kepentingan anakdidiknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaranpendidikan agama Islam, untuk mengetahui berbagai jenis media pembelajaranyang digunakan dalam proses pembelajaran serta ketepatan penggunaan mediadengan materi pelajaran, serta hasil prestasi belajar siswa setelah adanyapenggunaan media pembelajaran.

Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dansiswa sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui prosespembelajaran di kelas.

Beberapa faktor yang menghambat antara lain keterbatasan media yang sertakemampuan guru dalam menggunakan media. Oleh karena itu diajukan solusiuntuk segera memprogramkan pengadaan media terutamamedia komputer/LCD dan mengadakan pelatihan guru-guru.

Published

2019-06-18