Analisis Upaya Guru PAI Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren Ash-Shalihin

Authors

  • Suhatnam Institut Parahikma Indonesia

Keywords:

Pendekatan Scientific, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Analisis Upaya Guru PAI Dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Kurikulum 2013 di Pondok Pesantren Ash-Shalihin”. Adapun jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. penelitian skripsi ini adalah 4 (empat) orang guru Pendidikan Agama Islam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen observasi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengelolaan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis data secara induktif.

Hasil penelitian mengenai upaya guru PAI dalam menerapkan pendekatan scientifik kurikulum 2013 di Pondok Pesantren Ash-Shalihin antara lain: (1) Guru mengikuti pendidikan dan kegiatan diklat (pelatihan), (2) Guru menyiapkan semua fasilitas mulai dari media, sumber belajar seperti buku induk untuk pegangan guru dan murid, dan (3) Guru melakukan tata kelola administrasi. Sedangkan Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren Ash[1]Shalihin antara lain sebagai berikut: (1) Faktor penghambat dalam penerapan pendekatan scientific yaitu: Kurangnya pemberian motivasi dalam proses pembelajaran, Kurangnya penguasaan guru terkait penilaian dalam kurikulum 2013, kurangnya sarana dan prasarana seperti media pembelajaran (2) Faktor pendukung dalam penerapan pendekatan scientific kurikulum 2013 yaitu: tersedianya buku-buku berdasarkan kurikulum 2013, Kreatifitas guru dalam mengajar.

Published

2019-06-18