STRATEGI GURU PAI DALAM MENAMAMKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 1 BUTON TENGAH

Penulis

  • Usman Usman Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau

Kata Kunci:

Strategi, Guru PAI, Kedisiplinan

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan kasus tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari mengumpulkan data (data collection), mereduksi data (data reduction), menyajikan data (data display), dan menyimpulkan (conclussion). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas.

Penelitian ini pula bertujuan untuk menemukan: (1) Strategi guru PAI dalam Menanamkan kedisiplinan  siswa, (2) Langkah-langkah yang mempengaruhi keberhasilan dalam menanamkan  kedisiplinan siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam menanamkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan cara ; (a) membuat aturan yang bagus, jelas, dan tegas. (b) Memberi peringatan atau petunjuk bila peserta didik mulai berbuat salah. (c) Membentuk perilaku positif dengan mendukung prilaku yang baik melalui pujian atau perhatian.(d) Mencegah masalah sebelum terjadi. (e) memberikan hukuman yang sesuai dan bersikap konsisten. (2) Langkah-langkah yang mempengaruhi keberhasilan dalam menanamkan  kedisiplinan siswa yaitu adanya ; planing, organizing, actualing dan controlling.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-25