UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR ANAK DALAM MENGENAL DAN MEMPELAJARI HURUF HIJAIYYAH MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL

Penulis

  • Ode Yahyu Herliany Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Papan Flanel, Huruf Hijaiyah

Abstrak

Bukan hal baru jika media pembelajaran di dalam pendidikan sangat dibutuhkan, bahkan banyak sekolah yang telah mengenal dan menggunakan media eoktronik sebagai media belajar mereka. Karena gambar serta suara tidak membuat mereka lekas bosan dan merangsang ilmu pengetahuan mereka berkembang dengan cepat. Pada media elektronik mendengar lafaz huruf hijaiyah mudah didengar tetapi bagaimana dengan menulisnya.

Jika penulisan huruf hijaiyah hanya menggunakan media papan tulis maka anak-anak akan cepat merasa bosan sehingga huruf hijaiyah yang diajarkan tidak tersampaikan dengan baik oleh mereka. Oleh sebab itu media belajar membaca dan membuat huruf hijaiyah dengan menggunakan media papan flannel diharapkan dapat membantu para anak-anak dalam menerapkan penulisan huruf hijaiyah yang sudah ada contohnya pada media tersebut, selain itu media papan flannel memiliki kemenarikan bentuk, warna dan kemenarikan kombinasi antara bentuk dan warna materi diupayakan dapat merangsang pikiran dan perhatian siswa dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah.

Sasaran pengabdian kegiatan masyarakat ini adalah diharapkan para siswa Taman Kanak-Kanak dapat merasakan manfaatnya sehingga belajar dapat sangat menyenangkan.  Karena papan flannel bisa di gambar atau dibuat dengan ilustrasi yang menarik maka dengan adanya media belajar ini, harapannya peserta didik dapat melaksanakan penulisan dan pengucapan huruf hijaiyah dengan gembira tanpa dipkasa oleh para guru.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-25