Peningkatan Profesionalisme Kepala Sekolah dalam Rangka Reformasi Pendidikan

Penulis

  • Nurul Haeriyah Institut Parahikma Indonesia

Kata Kunci:

Kebijakan reformasi, implementasi kebijakan, manajemen sekolah, kepemimpinan, pengembangan profesional.

Abstrak

Peningkatan keterampilan sumber daya manusia dalam organisasi dianggap penting setiap kali reformasi terjadi, atau setiap kali kebijakan besar diterapkan dalam skala komprehensif. Dalam suatu sistem pendidikan, kepala sekolah dan guru perlu dilatih kembali agar mampu menerapkan dan mengelola perubahan baru, yang diwujudkan dalam bentuk kebijakan baru dan rencana pengembangan strategis yang diusulkan oleh pemerintah. Jurnal ini menyajikan studi tentang kebutuhan pengembangan profesional inti kepala sekolah dalam konteks reformasi pendidikan di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode survei di mana responden terdiri dari 12 Guru di SMA Negeri 12 Makassar. Studi ini menemukan 15 faktor kebutuhan atau indikator yang menonjol yang diperlukan untuk pengembangan profesional Kepala Sekolah di SMA Negeri 12 Makassar. Faktor-faktor tersebut ternyata dapat dikelompokkan menjadi dua macam kebutuhan kepemimpinan, yaitu kepemimpinan instruksional dan kepemimpinan transformasional. Juga, kepala sekolah berpendapat bahwa model sistematis yang relevan untuk program pengembangan profesional kepala sekolah harus dirancang dan digunakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia. Kompetensi kepemimpinan baru diperlukan untuk mengimplementasikan kebijakan dan perubahan baru

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-18