Reorientasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Self Management Concept

Penulis

  • Muhammad Rusydi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Kata Kunci:

Reorientasi Pembelajaran Bahasa Arab, Self Management Concept

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu aktivitas peda-andragogis yang kompleks dengan segala hambatan yang menuntut kreativitas semuah pihak yang terlibat dalam penanganannya. Munculnya berbagai hambatan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik yang sifatnya linguistik ataupun non linguistik, menuntut adanya penguatan self management concept dari peserta didik yang dalam konteks ini dapat dilihat dari pengelolaan waktu, hubungan antar manusia seerta perspektif diri. Ketiga komponen dari self management concept tersebut merupakan satu kesatuan yang terjalin sistemik-konstruktif satu sama lain. Manajemen pengeloaan pembelajaran meniscayakan fungsi-fungsi manajemen yang terbangun atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan harus diarahkan dalam menguatkan pengelolaan waktu peserta didik yang terdiri atas penetapan tujuan, penyusunan prioritas, penyusunan jadwal, asertif, tegas, dan pencegahan penundaan, hubungan antar manusia yang terdiri atas hubungan yang bersifat vertikal ataupun horizontal, perspektif diri yang terdiri atas perspektif diri yang bersifat positif ataupun negatif. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-18