el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
<p>Jurnal el-idarah adalah jurnal berkala yang diterbitkan pertama kali pada bulan Desember 2017 oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa. Jurnal el-idarah mengundang para peneliti dan ilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam untuk menulis artikel pada jurnal ini. Artikel yang dimuat dalam jurnal el-idarah akan melalui proses editing oleh editor dan dibaca ole reviewer, tetapi secara substansi adalah tanggung-jawab penulis artikel.</p> <p>.</p>id-ID[email protected] (Husnussaadah, S.Pd.I., M. Pd.I)[email protected] (Muhajirah B)Sen, 19 Jun 2023 00:00:00 +0000OJS 3.2.1.1http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Pemikiran Rusydi Ahmad Thu’aimah Tentang Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab: Sebuah Refleksi Konstruktif
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/397
<p>Pemikiran Rusydi Ahmad Thu’aimah tentang manajemen pembelajaran bahasa Arab menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi manajemen pembelajaran bahasa Arab yang terdiri atas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta penilaian harus diarahkan pada penguatan kompetensi berkomunikasi peserta didik dalam bahasa Arab. Dalam proses tersebut, peserta didik sudah harus diberikan peluang yang lebih banyak untuk mempraktekkan komunikasi bahasa Arab secara aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung sementara pendidik lebih banyak berperan sebagai fasilitator pembelajaran. Refleksi konstruktif yang dapat diambil dari pemikiran Rusydi Ahmad Thu’aimah tentang manajemen pembelajaran bahasa Arab adalah perencanaan pembelajaran bahasa Arab harus berorientasi pada penguatan kompetensi berkomunikasi, pengorganisasian pembelajaran bahasa Arab perlu diberikan pengayaan sumber, media, pendekatan, metode, ataupun teknik pembelajaran bahasa Arab, pengarahan pembelajaran bahasa Arab harus memberi ruang yang lebih banyak pada peserta didik untuk dapat aktif berkomunikasi dalam bahasa Arab, serta penilaian pembelajaran bahasa Arab yang responsif terhadap perbedaan individu.</p>Muhammad Rusydi, Sulaiman Sulaiman
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/397Sel, 25 Jul 2023 00:00:00 +0000Pengaruh Desain Alur Pembelajaran ADLX (Active Deep Learner Experience), Kompetensi Guru Dan Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SDIT Ikhtiar Makassar
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/398
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Desain pembelajaran ADLX ( Active Deep Learner Experence), Kompetensi Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Karakter.penelitian ini dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Ikhtiar Makassar, menggunakan metode survey dengan teknk korelasional. Uji coba dianalisis dengan menggunakan uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Uji reabilitas menggunakan test Alpha Cronbach. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas regresi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korlasi sederhana, korelasi berganda serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linear dan ganda. Dalam penelitian ini, Siswa sejumlah 100 orang dan guru 30 orang sample yang dipilih. Hasil Penelitian menemukan bahwa 1) Desain pembelajaran ADLX memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai desain pembelajaran ADLX maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar 0,579, 2) Kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai kompetensi guru maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar 0,393, 3) Menunjukkan bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai budaya sekolah maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar 1,570, 4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara desain pembelajaran ADLX, kompetensi guru dan budaya sekolah terhadap karakter siswa dimana F<sub>hitung</sub> sebesar 27,373 dengan F<sub>0,5;97;3</sub> atau disebut dengan F<sub>tabel</sub> sebesar 2,700 sehingga diperoleh F<sub>hitung</sub> > F<sub>tabel</sub>.</p>Rosdiana Syamsuddin, Sumiati Sumiati, Syahruddin Yasen
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/398Sel, 25 Jul 2023 00:00:00 +0000Kompetensi Rektor Institut Parahikma Indonesia Gowa Sulawesi Selatan
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/399
<p>Suatu perguruan tinggi merupakan organisasi yang memiliki peran yang bersifat strategis dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu perlu dikelola dengan baik sehingga dapat mencapai visi dan misi yang telah ditentukan. Oleh karena itu peran rektor sebagai pimpinan perguruan tinggi menjadi sangat penting dan menentukan dalam keberhasilan suatu perguruan tinggi. Kompetensi seorang rektor berpengaruh terhadap kampus yang dipimpimnya yang kemudian menentukan kompetensi yang diperlukan bagi seorang pimpinan perguruan tinggi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kompetensi dari rektor dalam mengelola perguruan tinggi yang dipimpinnya dengan studi kasus di Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa, Sulawesi Selatan. Metoda Penelitian yang dilaksanakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Dengan acuan teori sepuluh peran manajer atau pemimpin dari Mintzberberg 10 roles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rektor Institut Parahikma Indonesia (IPI) terutama memiliki kompetensi yang baik dalam menjalankan perguruan tinggi dan norma di IPI dalam kebijakan akademik dan non akademik dengan memanfaatkan informasi internal dan eksternal, menganalisa dan mengelola menjadi keputusan-keputusan yang mengarah kepada perbaikan. Hasil penelitian juga menunjukkan lima kompetensi dasar seorang rektor di perguruan tinggi dan hasilnya baik dibawah kepemimpinan rektor Institut Parahikma Indonesia, Prof Azhar Arsyad. Menuju tercapainya visi dan misi IPI berdasarkan standar mutu yang telah ditentukan secara nasional.</p>Mansyur Mansyur, Sumarni Sumarni
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/399Sel, 25 Jul 2023 00:00:00 +0000Pengaruh Etos Kerja Islami, Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri di Sulawesi Selatan
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/400
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etos kerja Islami, dan kompetensi terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri di Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi jumlah guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Sulawesi Selatan sebanyak 1.723 orang guru. Sampel penelitian ini berjumlah 172 orang guru yang tersebar dari beberapa Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability samping yaitu teknik pengambilan sampel secara acak dengan ketentuan taraf kesalahan 5%, tanpa memperhatikan strara yang ada pada populasi tersebut. Data penelitian ini diananlisis dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000. Signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa etos kerja Islami, kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri di Sulawesi Selatan.</p>kurnia ati
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/400Sel, 25 Jul 2023 00:00:00 +0000Pendidikan Multikultural
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/401
<p>Pengertian multikultural secara luas mencakup pengalaman yang membentuk persepsi umum terhadap usia, gender, agama, status social ekonomi, jenis identitas budaya, bahasa, ras, dan berkebutuhan khusus, ada tiga kata kunci yang menandai adanya pendidikan multikultural yaitu; pertama, proses pengembangan sikap dan tata laku, kedua, menghargai perbedaan dan keragaman budaya. Ketiga, penghargaan terhadap budaya lain. Kata kunci tersebut akan menjadi landasan dalam merumuskan konsep Islam dalam memahami pendidikan multicultural.</p> <p>Adapun yang menjadi tujuan Pendidikan Multikultural yaitu; a). Pengembangan Literasi Etnis dan Budaya, b). Perkembangan Pribadi, c). Klarifikasi Nilai dan Sikap, d). Kompetensi Multikultural, e). Kemampuan Keterampilan Dasar, f).Persamaan dan Keunggulan Pendidikan, g). Memperkuat Pribadi untuk Reformasi Sosial, h). Memiliki Wawasan Kebangsaan/Kenegaraan yang Kokoh, i). Memiliki Wawasan Hidup yang Lintas Budaya dan Lintas Bangsa sebagai Warga Dunia, j). Hidup Berdampingan secara Damai.</p> <p>Fungsi pendidikan multicultural yaitu; Memberi konsep diri yang jelas, Membantu memahami pengalaman kelompok etnis dan budaya ditinjau dari sejarahnya, Membantu memahami bahwa konflik antara ideal dan realitas itu memang ada pada setiap masyarakat, Membantu mengambangkan pembuatan keputusan (decision making), partisipasi social, dan keterampilan kewarganegaraan (citizenship skills). Mengenal keberagaman dalam penggunaan Bahasa</p>Salman Salman, M. Shabir U M. Shabir U, Usman Usman
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/401Sel, 25 Jul 2023 00:00:00 +0000Manajemen Pembelajaran Kelas Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Agama Islam Siswa Kelas Vii di UPT SPF SMP Negeri 23 Makassar
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/402
<p>Manajemen Pembelajaran Kelas Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di Unit Pelayanan Tekhnis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 23 Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis manajemen pembelajaran kelas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII dan ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis minat belajar Agama Islam Siswa Kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di UPT-SPF SMP Negeri 23 Makassar dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Dokumentasi dan Wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru PAI Kelas VII dan Siswa Kelas VII UPT SPF SMP Negeri 23 Makassar 6 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, Penyimpulan atau Verifikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran kelas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII dan Minat belajar Agama Islam Siswa Kelas VII.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen pembelajaran kelas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII UPT SPF SMP Negeri 23 di Makassar adalah a). Membuat perencanaan dan mengecek kondisi kelas, b). Melakukan kegiatan pendahuluan, c). Melakukan kegiatan inti, d) Melakukan kegitan penutup, dan e). Metode dan model pembelajaran yang digunakan guru PAI adalah model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) dan metode pembelajarn yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab serta diskusi. Minat belajar Agama Islam Siswa Kelas VII UPT SPF SMP Negeri 23 di Kota Makassar Masih dalam tahap berkembang atau berpariasi yang dapat ditandai dengan kebanyakan siswa memiliki minat belajar yang cukup baik, beberapa siswa memiliki minat belajar masih kurang dan bahkan terdapat beberapa siswa yang memiliki minat belajar rendah.</p>Rusli Malli, Ichsan Muamalah
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/402Sel, 25 Jul 2023 00:00:00 +0000Manajemen Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara Kabupaten Bone Sulawesi Selatan
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/403
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan mengidentifikasi manajemen pondok pesantren, manajemen berbasis madrasah dan mutu pendidikan Madrasah Aliyah di pondok pesantren Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap sebuah fakta empiris secara objektif ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoritis yang kuat sesuai disiplin keilmuan yang ditekuni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Madrasah Aliyah di pondok pesantren Darul Huffadh Tuju-Tuju Kajuara Kabupaten Bone Sulawesi Selatan dapat dilihat dari peran penting pimpinan pondok pesantren yang saling bekerjasama dengan stakeholder, sistem pendidikan yang mengguakan model kurikulum dari Kementrian Agama dan kurikulum pondok pesantren sendiri dan juga kualitas lulusan pondok pesantren.</p>Ratna Ratna M, Rusli Malli
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/403Min, 18 Jun 2023 00:00:00 +0000Langkah-Langkah Pelaksanaan Evaluasi Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/409
<p>Pelaksanaan evaluasi manajemen pendidikan Islam ada enam langkah yang dapat dilakukan yaitu diawali dengan perencanaan evaluasi, melakukan evaluasi, monitoring pelaksanaan, pengelolaan data, menyampaikan data perolehan evaluasi serta memanfaatkan pencapaian evaluasi. Pelaksanaan evaluasi manajemen pendidikan Islam ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, menganalilis kebutuhan, menentukan tujuan penilaian, mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar, menyusun kisi-kisi, mengembangkan draf instrumen, uji coba dan analisis soal, serta revisi merakit soal. Pelaksanaan evaluasi adalah cara melaksanakan suatu evaluasi sesuai dengan perencanaan evaluasi, baik menggunakan tes (tes tertulis, tes lisan dan tes perbuatan) maupun non-tes. Dalam pelaksanaan tes maupun non-tes tersebut akan berbeda satu dengan lainnya, sesuai dengan tujuan dan fungsinya masing-masing. Monitoring dan evaluasi dalam manajemen pendidikan Islam pada dasarnya, monitoring adalah kegiatan pengumpulan informasi secara terus menerus dan teratur yang akan membantu menjawab pertanyaan mengenai suatu program atau kegaitan. Dalam lingkup pendidikan, monitoring ditujukan untuk memeriksa bahwa kegiatan penyelenggaraan pendidikan berjalan sesuai rencana.secara terus menerus dan teratur yang akan membantu menjawab pertanyaan mengenai suatu program atau kegiatan.</p>Mukdar Boli, Nurhikmah Nurhikmah
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/409Min, 18 Jun 2023 00:00:00 +0000Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu dan Profesionalisme Guru KB Baitul Qur'an Al-Nazran Kota Makassar
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/404
<p>Kemajuan dan perkembangan teknologi pada era globalisasi dan informasi telah memacu bangsa Indonesia untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas mempunyai peranan yang sangat penting dalam melaksanakan pembangunan disegala bidang, sehingga diharapkan bangsa Indonesia mampu mencapai keunggulan dalam menghasilkan karya-karya nyata yang bermutu dan mampu bersaing dengan bangsa -bangsa lain. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang -oang atau prilaku yang diamati. Moleong menjelaskan bahwa penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan terhadap manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya, baik secara pribadi maupun dalam hubungannya dengan konteksnya.</p> <p>Menyoroti tentang Sekolah KB Baitul Qur’an Al-Nazran Kota Makassar, untuk memperoleh gambaran yang jelas maka berikut ini penulis mengemukakan tentang beberapa hal sehubungan dengan keadaan sekolah tersebut. Peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di KB Baitul Qur’an Al-Nazran Kota Makassar, berdasarkan hasil penelitian di lokasi menunjukkan bahwa peranan kepala sekolah telah melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru, dengan melakukan pendekatan normatif, yang dapat membujuk atau memberikan motivasi guru untuk selalu bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dengan keahlian dalam bidang studi yang diajarkannya.</p>Susi Umasangaji, Rusli Malli
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/404Min, 18 Jun 2023 00:00:00 +0000Leadership dan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Rumah Sekolah Cendikia Pao-Pao Aroepala Residence Jl. Bontotangnga Kab. Gowa
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/405
<p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen pembelajaran pendidikan Agama Islam, penerapan leadership dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung leadership dan manajemen pembelajaran pada Rumah Sekolah Cendekia Pao-Pao Residence. Hasil penelitiannya adalah leadership dan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Rumah Sekolah Cendekia Pao-Pao Residence sudah menggunakan manajemen leadership dan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik, hal tersebut terbukti dengan pelaksanaan mekanisme leadership dan manajemen pembelajaran yang dilakukan dengan menyiapkan semua langkah-langkah yang harus dilakukan dengan melengkapi perangkat pembelajaran seperti dengan menyiapkan program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan alokasi waktu sebelum memasuki tahun ajaran baru atau sebelum semester di mulai semuanya sudah disiapkan dengan persiapan yang jelas dan matang. Adapun analisis faktor pendukung dan penghambatnya terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.</p>Anir Anir
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/405Min, 18 Jun 2023 00:00:00 +0000Perkembangan Islam di Nusantara: Teori Masuknya dan Pusat Pendidikan Islam Masa Awal
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/408
<p>Artikel ini bertujuan memberikan informasi terkait perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, Teori-teori yang membicarakan tentang teori masuknya Islam dan terbentuknya pendidikan Islam di awal Islam di indonesia. . Masuknya Islam ke nusantara ditunjang beberapa teori seperti teori Gujarat, teori Mekah, dan teori Persia. Penyebaran Islam berkembang di nusantara ada enam cara, yaitu melalui perdagangan, pernikahan, tasawuf, pendidikan, seni, dan politik. Pada tahap awal pendidikan Islam dimulai dari kontak antara mubaligh dengan individu maupun kelompok. Setelah komunitas muslim terbentuk di suatu daerah, maka mulailah mereka membangun masjid yang difungsikan selain tempat ibadah juga sebagai tempat pendidikan. Perkembangan Islam di nusantara memberikan sumbangsih besar pada perkembangan Islam itu sendiri adalah Aceh Darussalam, kerajaan Perlak, kerajaan Samudera Pasai, kerajaan Demak, dan kerajaan Mataram</p>Husnussaadah Husnussaadah, Shabir Shabir U, Usman Usman
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/408Min, 18 Jun 2023 00:00:00 +0000Implementasi Peran Kepemimpinan Direktur Ma'had Al-Birr dalam Pembinaan Akhlak Mahasiswa Ma'had Al-Birr Unismuh Makassar
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/406
<p>Penelitian ini bertujuan: 1. Menganalisis strategi direktur Ma’had Al-Birr yang di gunakan dalam pembinaann akhlak Mahasiswa Al-birr Unismuh Makassar. 2. Mendeskripsikan pembinaan akhlak Mahasiswa Ma’had Al-Birr. 3. Mengidentifikasi faktor penghambat dari pembinaan akhlak Mahasiswa Ma’had Al-Birr. Penelitian ini dilaksanakan di ma’had al-birr unismuh Makassar dengan mennggunakan metode deskriptif kualitatif dan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran direktur dalam pembinaan akhlak pada mahasiswa ma’had al-birr sudah sangat baik dengan Upaya yang telah dilakukan dengan menggunakan metode pada al-Qur’an dan al-Sunah, yaitu Metode Ceramah, Metode Mujahadah dan Riyadah, Metode Tanya Jawab dan Diskusi, Metode Reward dan Punisment, Metode Lingkungan Yang Kondusif dan Religius dan Keteladanan. Bentuk pelaksanan kegiatan berupa sholat berjama’ah, pidato bahasa Arab ,menghafal alQur’an, belajar ilmu keislaman, kultum, mentoring, diskusi, safari da’wah, jaulah Ramadan, berbuka puasa bersama, pemotongan dan pembagian hewan kurban. Factor kendala dalam penerapan pembinaan ada 4 factor 1. Belum optimalnya pembinaan sumber daya pengajar 2.Masih adanya kekurangan pada sarana dan prasarana. 3.Jumlah proporsi yang tidak seimbang antara pembina dengan jumlah peserta didik.4. Perbedaan latar belakang keluarga peserta didik. Factor pendukung Lingkungan ,Pengaruh latar Pendidikan Mahasiswa</p>Sumiati Sumiati
Hak Cipta (c) 2023 el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/406Min, 18 Jun 2023 00:00:00 +0000