El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah <p>Jurnal el-idarah adalah jurnal berkala yang diterbitkan pertama kali pada bulan Desember 2017 oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa. Jurnal el-idarah mengundang para peneliti dan ilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam untuk menulis artikel pada jurnal ini. Artikel yang dimuat dalam jurnal el-idarah akan melalui proses editing oleh editor dan dibaca ole reviewer, tetapi secara substansi adalah tanggung-jawab penulis artikel.</p> <p>.</p> en-US hikmahnur620@gmail.com (Nurhikmah, S.Pd.I., M.Pd.) 180102007@parahikma.ac.id (Muhajirah B) Thu, 18 Jun 2020 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Akademik dan Non – Akademik Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/142 <p>Fokus pembahasan dalam artikel ini adalah: (1) Mengenal definisi pondok pesantren baik secara bahasa maupun istilah (2) Apa yang dimaksud dengan manajemen mutu pendidikan ? dan 3) Bagaimana upaya Pondok Pesantren dalam meningkatkan mutu akademik dan non akademik pendidikan Islam? Artikel ini dimaksudkan: (1) Untuk mengetahui definisi pondok pesantren (2) Untuk mengetahui manajemen mutu pendidikan dan (3) Untuk mengetahui upaya pondok pesantren dalam meningkatkan mutu akademik dan non akademik pendidikan islam. Sistim pendidikan Islam Indonesia menjadi sub sistim pendidikan Nasional sebagaimana yang dicita-citakan dan pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang sangat berperan dalam memperbaiki kualitas manusia Indonesia.</p> Husnussaadah Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/142 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Eksistensi Fungsi dan Peran Guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/143 <p>Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, <br>mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia <br>dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. menjadi seorang <br>guru peran dan fungsinya tidak hanya mentransfer ilmu pengatahuan kepada peserta didik <br>tapi lebih dari itu seorang guru diituntut mampu menanamkan nilai nilai yang baik kepada <br>peserta didik. Peserta didik adalah generasi penurus bangsa sehingga peran dan fungsi guru <br>harus dimaksimalkan terutama guru agama Islam dalam meningkatkan pemahaman dan <br>praktik keagamaan. Dalam meningkatkan peran dan fungsi guru maka tentunya guru harus <br>memiliki berbagai kompotensi dalam mengembangkan tugas dan fungsinya diantara <br>kompetensi itu adalah kompetensi kepribadian, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi <br>Professional, dan Kompetensi Sosial.</p> Abdullah Muhammad Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/143 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Peran Guru Terhadap Pendidikan Berbasis Kompetensi http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/150 <p>Kajian pustaka ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana peran guru terhadap pendidikan berbasis kompetensi yang dijabarkan ke dalam dua sub masalah yakni bagaimana sikap profesional yang dibutuhkan seorang guru untuk mewujudkan cita-cita pendidikan nasional dan bagaimana cara guru menyikapi tuntutan professional dan hubungannya dengan pendidikan berbasis kompetensi? Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap professional guru menjadi kebutuhan dalam rangka efisiensi dan efektifitas, dalam melayani pendidikan sehingga potensi peserta didik berkembang sesuai dengan bakat dan kemapuannya. Sikap profesionalisme tersebut menunut keahlian akademik, kecakapan mental, sosial, dan spiritual. Sedangkan cara guru menyikapi tuntutan propesionalitas adalah dengan melakukan persiapan dan perencanaan yang matang serta kerja yang terarah, sehingga bisa dilakukan evaluasi baik di tingkat kelas maupun pada level lembaga. Implikasinya adalah diperlukan sinergitas seluruh stakeholder untuk mendukung pendidikan berbasis kompetensi.</p> Saidah Andi Hafid Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/150 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Transformasi Diri, Transformasi Hidup http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/145 <p>Transformasi menjadi penting bagi kita, ketika kita merasa hidup kita “berjalan” ditempat, bahkan mengalami kemunduruan. Anda dan saya memiliki satu kesamaan, kita ingin terus memperbaiki hidup kita dan menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri. Tapi sayanggnya, banyak orang telah menjalani hidup mereka dengan cara yang hampir sama dalam waktu yang sangat lama. Bahakan mereka meyakini bahwa perubahan hidup merupakan suatu kemungkinan. Sesungguhnya anda mampu membuat perubahan dalam hidup anda yang dimulai dari transformasi terbesar dalam hidup anda , yaitu diri anda . Hidup anda adalah ciptaan anda sendiri. Adalah tugas anda untuk hidup jujur pada diri sendiri, apa yang anda inginkan dalam hidup anda. Misi hidup anda adalah untuk megeksprikan diri dengan menciptakan apa yang anda cintai dan cintai apa yang anda ciptakan. Ini tentang memperluas dan mewujudkan visi diri anda sampai ekspresi terbesar dari siapa anda sebenarnya.</p> Sophia Azhar Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/145 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Speedy Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Site Operation Panakukang Makassar http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/146 <p>The aims of the study were to: (1) describe the headmaster’s emotional intelligence in SMA Negeri 3 Polewali, Polewali District of Polewali Mandar Regency; (2) describe the teachers’ performance in SMA Negeri 3 Polewali, Polewali District of Polewali Mandar Regency; (3) describe the significant influence of the headmaster’s emotional intelligence on the teachers’ performance in SMA Negeri 3 Polewali, Polewali District of Polewali Mandar Regency; The study was a quantitative research with the ex-post facto type of research i.e. to look for a causal relationship that was not manipulated or treated by the researcher. It was employed the normative-theological, juridical, and psychological approaches. The population was all 56 teachers in SMA Negeri 3 Polewali and 56 people were taken as samples using saturated sample. Analyzed using descriptive and inferential statistical analysis techniques. The results of the study revealed that: (1) the descriptive analysis result of the headmaster’s emotional intelligence in SMA Negeri 3 Polewali was generally in the <strong>medium</strong> category with a frequency of 19 of 56 teachers or 34%, (2) the descriptive analysis result of the teachers’ performance in SMA Negeri 3 Polewali was generally in the <strong>high</strong> category with a frequency of 19 of 56 teachers or 34%, (3) the result of inferential analysis was obtained t<sub>count</sub> = 6.442 &gt; t<sub>table</sub> = 2.7, so H<sub>o</sub> was rejected and H<sub>1</sub> was accepted meaning that there was a<strong> significant</strong> influence of the headmaster’s emotional intelligence on the teachers’ performance in SMA Negeri 3 Polewali;</p> Lilies Handayani Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/146 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Peranan Muhammadiyah Bidang Majelis Dikdasmen dalam Pengelolaan SMA di Kota Makassar http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/147 <p>This research: The Role of the Elementary Education Board Section (Dikdasmen) of Muhammadiyah in Senior High Schools Management in Makassar City. This research entitled The Role of the Elementary Education Board Section (Dikdasmen) of Muhammadiyah in Senior High Schools Management in Makassar City. It discusses the role of the Muhammadiyah Dikdasmen Council in managing senior high schools in Makassar. In this issue, the author described many things, they are: the problems which exist in the management of SMA in Makassar City, how the role of the Elementary Education Board Section (Dikdasmen) of Muhammadiyah in managing senior high schools, how are the supporting and inhibiting factors which appear in Dikdasmen Council in Muhammadiyah Senior High School management in Makassar.To answer those problems, the data collection in the field was carried out by using techniques of observation, interviews and documentation. The observation and the interview use some guidelines. The sources of data were selected from the Muhammadiyah Elementary Education Board Section (Dikdasmen) in Makassar, the Muhammadiyah Senior High School Principal, the teaching staff, and the leaders of Muhammadiyah of Makassar City. The approaches which are used in this research are normative theological approach, pedagogical approach, and psychological approach. After the process of data collection, data processing, and data analysis, the results of this study are: there are some problems found, such as the lack of funds, the lack of facilities and infrastructure, and the weak arrangement. The Elementary Education Board Section (Dikdasmen) of Muhammadiyah in Makassar has a role in managing the Muhammadiyah High School. In addition, there are also supporting factors from the society, a sincere and trustful spirit from educators, school committees and staff in reviving Muhammadiyah Senior High Schools. The implication of this research is Dikdasmen assembly needs to pay attention to operational policies to improve performance in carrying out mandated tasks, educational facilities and infrastructure as soon as they are equipped. Moreover, they need to provide educational services which is oriented to the needs and satisfaction of the society, and create a conducive climate to encourage healthy competition which is in harmony with the interests and expectations of the society</p> Mukdar Boli Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/147 Thu, 18 Jun 2020 00:00:00 +0700 Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Tingkat Pendidikan Tinggi http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/148 <p>In accordance with the function of national education, the responsibility of lecturers is to be able to realize it through the implementation of a learning process that is capable of quality and quality. One strategy that can be used by lecturers to improve the quality and quality of the learning process is to apply a contextual learning model or Contextual Teaching and Learning (CTL). This research is a quasi experiment with the consideration that not all variables can be tightly controlled. The research design used was pretestposttest control group design. Based on the results of research and discussion there are differences in understanding economic concepts and process skills between groups of students who learn with contextual learning models and groups of students who study with conventional learning models.</p> Nurul Haeriyah Ridwan Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/148 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas X IPA di SMA Avicenna Cinere http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/149 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran PPKn. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. . Subyek dalampenelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 SMA Avicenna Cinere. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran PPKn menjadi mata pelajaran yang tidak disukai oleh siswa karena materi pelajarannya cenderung teoritis dan sulit dipahami. Selain itu, para siswa terlihat tidak bersemangat dalam proses belajar mengajar yang akhirnya berimbas terhadap perolehan nilai hasil belajar yang tidak tuntas. Karena hal itulah, kemudian guru melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode PBL (problem based learning). Problem Based Learning (PBL) adalah proses pembelajaran yang titik awalnya berdasar masalah dalam kehidupan nyata lalu dari masalah ini siswa termotivasi untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka punya sebelumnya ( Prior Knowledge ), sehingga terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Diskusi dengan kelompok merupakan poin utama dalam penerapan PBL. Setelah dilakukan penelitian melalui dua siklus diperoleh peningkatan aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa.</p> Kristiningsih Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/149 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700 Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/144 <p>The learning development has two characteristics; 1) the learning process totally involves a mental process of students – it does not only require students listen, take notes, but also requires students’ activities in the process of thinking. 2) The learning process establishes the atmosphere of dialogue and the debriefing process continuously directed to improve and enhance students' thinking skills. The ability to think can finally help to gain the knowledge that they construct by their own self. Education should be student-centered, reversal learning, learning by doing, developing social skills, cognitive, and emotional. It also develops curiosity, imagination, the nature of the godless, problem solving skill, students’ creativity, and deepening IMTAQ IPTEK.</p> Muh Anwar Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/144 Fri, 30 Apr 2021 00:00:00 +0700