Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Artikel/Paper/Tulisan di submit sudah bebas dari PLAGIARISME dan Pelanggaran Hak Cipta lainnya.
  • Artikel/Paper/Tulisan di submit belum pernah di publikasikan sebelumnya, atau sedang dalam proses REVIEW jurnal lainnya, atau sudah di submit pada jurnal lainnya.
  • Artikel/Paper/Tulisan di submit dalam bentuk file Word (doc/docx).
  • Artikel/Paper/Tulisan di submit sudah ditulis sesuai dengan panduan TEMPLATE.

Panduan Penulis

Judul paper Publikasi ilmiah Maksimum 12 Kata

(Center, California FB 12, maks 12 kata Bhs. Indonesia, or 10 words in English  )

 First Author*1, Second Author2, Third Author3

1,2Institution/affiliation; addres, telp/fax of institution/affiliation

3Jurusan Ekonomi Syariah, FEBI IPI Gowa, Sulawesi Selatan

e-mail: *1[email protected], 2[email protected], 3[email protected]

 

 

Abstrak

Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris, 150-200 kata. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah yang diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.

Kata kunci—3-5 kata kunci, Ekonomi syariah, bisnis, perbankan 

PENDAHULUAN

Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, ulasan penelitan yang pernah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yg relevan dengan penelitian yang dilakukan.

TINJAUAN TEORITIS

Identifikasi teori-teori yang dijadikan sebagai landasan berpikir untuk melaksanakan suatu penelitian atau dengan kata lain untuk mendiskripsikan kerangka referensi atau teori yang digunakan untuk mengkaji permasalahan.

METODE PENELITIAN

Metode Penelitian bisa meliputi analisa, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi. Secara umum menggambarkan jenis penelitian, sumber data penelitian, alat analisis, dan lainnya.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pembahasan terhadap hasil penelitian dan pengujian yang diperoleh disajikan dalam bentuk uraian teoritik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hasil percobaan sebaiknya ditampilkan dalam berupa grafik atau pun tabel.

  1. SIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan harus mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet. Saran-saran untuk untuk penelitian lebih lanjut untuk menutup kekurangan penelitian. Tidak memuat saran-saran  diluar untuk penelitian lanjut.

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Penulisan sumber pustaka rujukan menggunakan body note. Contoh: (Baso Akib, 2001: 23).
  1. Penulisan daftar pustaka mengikuti style American Political Science Association (APSA).

Contoh penulisan daftar pustaka buku:

Febrian. 2002. Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam. Makassar: Penerbit Dermaga.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Pres.

Contoh penulisan pustaka jurnal:

Booth, Anne. 1988. “Living Standards and the Distribution of Income in Colonial Indonesia: A Review of the Evidence.” Journal of Southeast Asian Studies 19 (2): 310–34.

Pada setiap paragraph bisa terdiri dari beberapa subparagraph yang dituliskan dengan penomoran angka arab seperti yang ditunjukkan section berikut ini. Panjang tulisan antara 5000-6000 kata ukuran A4.

2.1 Kriteria Paper Publikasi Ilmiah

Kriteria Artikel yang Akan Dipertimbangkan Dimuat dalam Jurnal EL-IQTISHOD adalah yang Memenuhi Kriteria dan Acuan Berikut:

  1. Artikel merupakan hasil penelitian dalam wilayah studi ekonomi dan bisnis Islam.
  2. Artikel belum pernah dimuat di jurnal atau media lain.
  3. Artikel dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  4. Artikel ditulis dalam 1,5 spasi, font Time New Roman 12, format kertas
  5. Panjang tulisan antara 5000-6000 kata.
  6. Abstrak dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris, 150-200 kata.
  7. Kata kunci (keywords) maksimal lima kata atau idiom.
  8. Nama penulis ditulis secara lengkap dengan mencantumkan lembaga penulis dan alamat email dan nomor telepon (mobile) yang dapat dihubungi.
  9. Naskah ditulis dengan gaya selingkung EL-IQTISHOD.

Artikel dikirim melalui email ketua editor jurnal : [email protected]

Format subjek : Nama Penulis Pertama_Institusi_Dua Kata Awal Judul Paper

2. 1.1 Gambar dan tabel

Semua tabel dan gambar yang anda masukkan dalam dokumen harus disesuaikan dengan urutan 1 kolom atau ukuran penuh satu kertas, agar memudahkan bagi reviewer untuk mencermati makna gambar.

2. 2 Formulir Copyright

Formulir copyright harus disertakan pada pengiriman naskah akhir. Anda bisa meminta  versi .pdf, atau .doc via email ke [email protected]

2. 2.1 Pengacuan Pustaka

Pengacuan pustaka dilakukan dengan menuliskan [nomor urut pada daftar pustaka] mis. [1], [1,2], [1,2,3]. Sitasi kepustakaan harus ada dalam Daftar Pustaka dan Daftar Pustaka harus ada sitasinya dalam naskah. Pustaka yang disitasi pertama kali pada naskah [1], harus ada pada daftar pustaka no satu, yg disitasi ke dua, muncul pada daftar pustaka no 2, begitu seterusnya. Daftar pustaka urut nama belakang.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.