Tinjauan Ekonomi Islam Sebagai Disiplin Ilmu

Penulis

  • Irwan Misbach UIN Alauddin Makassar
  • asbi amin UIN Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Ekonomi Islam, Disiplin Ilmu

Abstrak

Sistem ekonomi Islam memainkan peran penting dan menjadi pusat atau titik acuan terpenting dalam Syariah, yang membentuk pandangan dunia, tujuan dan strateginya berbeda Meskipun pemikiran dan bahkan aplikasi ekonomi Islam telah mengalami perkembangan yang signifikan, namun masih terdapat beberapa dugaan bahwa ilmu ekonomi Islam tidak dapat dijadikan disiplin ilmu karena hanya bernuansakan nilai dan norma. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau ekonomi Islam sebagai disiplin ilmu dan meninjau nilai dan norma yang terkandung dalam ekonomi Islam. Metode pengumpulan data dalam artikel ini dengan studi pustaka dengan pendekatan bibiografi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ekonomi Islam diakui sebagai disiplin ilmu dan terkandung nilai dan norma dalam ekonomi Islam.

 

Referensi

Ackgenc, Alparslan. 1996. Islamic Science: Towards a Definition. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Aji, Cahyono Bayu, Muhammad Yafiz, and M A Sukiati. 2017. “Pemikiran Ekonomi Islam Indonesia.” Al-Muamalat Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syari.

Asiyah, Asiyah, Abdul Mustamim Aziz, Adrian Topano, and Ahmad Walid. 2019. “ILMU ALAMIAH DASAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Sebagai Buku Rujukan Di Pergruan Tinggi).”

Azmi, Naelul. 2020. “Problematika Sistem Ekonomi Islam Di Indonesia.” Mutawasith: Jurnal Hukum Islam 3(1): 44–64.

Chapra, Muhammad Umer. 2001. Masa Depan Ilmu Ekonomi: Sebuah Tinjauan Islam. Gema Insani.

Desiana, Rina, and Noni Afrianty. 2017. “Landasan Etika Dalam Ekonomi Islam.” Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 3(1).

Hadi, Abdul. 2013. “Perdebatan Epistemologis Ilmu Ekonomi Islam Dan Fiqh Muamalat.” Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah dan Masyarakat 13(2): 37–50.

Iskandar, Azwar, and Khaerul Aqbar. 2019. “Kedudukan Ilmu Ekonomi Islam Di Antara Ilmu Ekonomi Dan Fikih Muamalah: Analisis Problematika Epistemologis.” NUKHBATUL’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam 5(2): 88–105.

Islahi, Abdul Azim, and SAUDI ARABIA JEDDAH. 2005. Jeddah: Scientfc Publisher Center, King Abdul Aziz University Contribution of Muslim Scholars to Economic Thought and Analysis.

Misbach, Irwan. 2020. Ekonomi Syariah. Cetakan 1. Alauddin Press.

Pengkajian, Pusat. 2011. Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Rozalinda, Rozalinda. 2015. “Epistemologi Ekonomi Islam Dan Pengembangannya Pada Kurikulum Ekonomi Islam Di Perguruan Tinggi.” HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2(1): 1–28.

Sudarsono, Heri. 2002. Konsep Ekonomi Islam: Suatu Pengantar. Ekonisia.

Yusdani, Yusdani. 2007. “Islamisasi Model Al-Faruqi Dan Penerapannya Dalam Ilmu Ekonomi Islam Di Indonesia (Suatu Kritik Epistemik).” La_Riba 1(1): 77–94.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-27

Cara Mengutip

Irwan Misbach, & amin, asbi. (2021). Tinjauan Ekonomi Islam Sebagai Disiplin Ilmu. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 27-40. Diambil dari http://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/161