KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FUNDAMENTAL MELALUI PENDEKATAN PRICE EARNING RATIO (Perusahaan Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index 2017-2018)

Penulis

  • Abd Karman IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Citra Meilana Rina Jayanti IAIN Fattahul Muluk
  • M Anang Firdaus IAIN Fattahul Muluk

Kata Kunci:

Keputusan Investasi, Analisis Fundamental, Price Earning Ratio, JII

Abstrak

Setiap investor perlu melakukan penilaian terhadap saham perusahaan yang akan ia beli untuk mencapai keuntungan dan menghindari kerugian di masa yang akan datang, salah satu caranya adalah dengan menganalisis melalui kondisi perusahaan. Dalam penelitian ini lebih mengacu pada analisis penilaian internal perusahaan yang sering disebut dengan analisis fundamental. Hal tersebut juga sesuai dengan rumusan dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kinerja keuangan perusahaan dan mengetahui kewajaran sahamĀ  melalui pendekatan price earning ratio. Dalam penelitian ini peneliti memilih sampel penelitian pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2017-2018 dengan metode purposive sampling. dari populasi 39 perusahaan diambil lima sampel perusahaan yaitu PT. Adaro Energy Tbk (ADRO), PT. AKR Comporindo,Tbk (AKRA), PT. Astra Internasional, Tbk (ASII), PT. United Tractors, Tbk (UNTR), PT. Unilever Indonesia, Tbk (UNVR). Adapun metode dalam melakukan analisis perusahaan menggunakan metode pendekatan Price Earning Ratio. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang telah dikumpulkan dan dipublikasikan oleh lembaga sehingga dapat diakses oleh masyarakat. Hasil dari penelitian menggunakan analisis fundamental dengan pendekatan price earning ratio menunjukkan bahwa saham pada lima perusahaan yang dijadikan sampel penelitian berada dalam kondisi Correctly Valued, yaitu nilai intrinsik saham sama dengan harga pasarnya atau mengalami kestabilan harga sehingga investor dapat menahan saham tersebut.

Referensi

Abdulloh, Irwan, 2017, Pasar Modal Syariah (Jakarta:PT. Elex Media Komputindo).

Aprilia, A. A., Handayani, S. R., & Hidayat, R. R. (2016). Analisis Keputusan Investasi Berdasarkan Penilaian Harga Saham (Studi Menggunakan Analisis Fundamental dengan Pendekatan Price Earing Ratio (PER) Pada Saham Sektor Pertambangan yang Listing di BEI Periode 2012-2014) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Harianto, Farid dan Siswanto Sudomo, 1998, Perangkat dan Teknik Analisis Investasi di Pasar Modal Indonesia, (Jakarta: PT. Bursa Efek Jakarta).

Manan, Abdul, 2009, Aspek Hukum dalam Penyelenggaraan Investasi Di Pasar Modal Syariah Indonesia, (Jakarta: Kencana)

Ramadhan, M, Rustam, dan Sri Sulasmiati, 2016, Penggunaan Analisis Fundamental Pendekatan Price Earning Ratio dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham, Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. 40, No. 02/ November.

Sujarweni Wiratya, 2018, Manajemen Keuangan, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press).

Tandelilin, Eduardus, 2010, Pasar Modal Manajemen Portofolio dan Investasi, (Yogyakarta: Kanisius)

Tri Hendro, dan Conny T Rahardja, 2014, Bank &Institusi Keuangan Non Bank Di Indonesia, (Yogyakarta:UPP STIM YKPN).

Wijaya, Ryan F dan William Prasetya, 2018, Investasi saham ala Fundamentalis Dunia (Jakarta: Elex Media Komputindo).

www.idx.co.id

www.maxmanroe.com

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-27

Cara Mengutip

Karman, A., Rina Jayanti, C. M., & Firdaus, M. A. (2022). KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FUNDAMENTAL MELALUI PENDEKATAN PRICE EARNING RATIO (Perusahaan Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index 2017-2018). El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 65-79. Diambil dari http://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/286