EFEKTIVITAS PROMOSI (BRANDING) DALAM MENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA KCP GOWA

Penulis

  • Hardiansyah Andri Institut Parahikma Indonesia
  • Fatimah Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa

Kata Kunci:

promosi, Nasabah, Bank Muamalat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) mengetahui bentuk promosi yang digunakan oleh Bank Muamalat dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Gowa (2) mengetahui efektifitas promosi yang dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Gowa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi perpustakaan yang dilakukan oleh peneliti.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk promosi yang digunakan Bank Muamalat, seperti promosi melalui sosial media, mulut ke mulut, mendatangi nasabah secara langsung (door to door), menjalin kerja sama dengan pesantren, sekolah islam dan juga melalui kerja sama dalam berbagai kegiatan sosial. (2) Tingkat efektivitas dari promosi yang dilakukan oleh pihak Bank Muamalat dapat dikatakan sudah sesuai dengan target yang diharapkan oleh pihak Bank Muamalat yakni meningkatnya jumlah nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Gowa. Implikasi dari penelitian ini yakni melalui bentuk promosi dan tingkat efektivitas promosi Bank Muamalat KCP Gowa dalam meningkatkan jumlah nasabah berdasarkan penelitian menunjukan hasil positif bagi pihak PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Gowa yakni Bank Muamalat mengalami peningkatan tiap tahunnya.dalam menarik minat nasabah baru dan mempertahankan nasabah agar tetap loyal dalam melakukan transaksi di Bank Muamalat.

Referensi

Anggraini Gustia (2019). Strategi Promosi Produk Pembiayaan Mudharabahterhadap Usaha Mikro Pada Bank Syariahmandiri Kantor Cabang Duri. Riau pecanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riaupekanbaru

Hassanudin Mohd Thas Thaker, Ahmad Khaliq, Abdollah Ah Mand, Hafezali Iqbal Hussain, Mohamed Asmy Bin Mohd Thas Thaker, and Anwar Bin. (2020). Exploring the drivers of social media marketing in Malaysian Islamic banks an analysis via smart PLS approach. Minden Penang, Malaysia.

Hidayati, Rara Riezka dan Marlius, Doni. (2017). Aktivitas Promosi Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Batang Kapaspesisir Selatan, Padang: ketua Keuangan dan Perbankan Padang.

Hafifi Zakiyah Mariah. (2017). Strategi Promosi Bank Syariah Mandiri Cabangbengkulu Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu

Ismail. (2010). Perbankan Syariah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Khawarizmi, Basha B, M, & AlHafidh G. (2019). UAE Islamic banking promotional strategies: an empirical review Abid Mahmood Muhammad Department of Islamic Banking and Finance. United Arab Emirates.

Leigh De Bruin, Mornay Roberts-Lombard & Christine De Meyer-Heydenrych. (2020). Internal marketing, service quality, and perceived customer satisfactionan Islamic banking perspective. Department of Marketing Management, University of Johannesburg, Johannesburg, South Africa.

Mominul Mohammad (2020). Segmenting, targeting andpositioning in Islamic marketing. IslamFaculty of Business Administration, EXIM Bank Agricultural University, Chapainawabganj, Bangladesh.Mahadin, K, B. & Akroush, N, M. (2018) A study of factors affecting word of mouth (WOM) towards Islamic banking (IB) in Jordan. Department of Marketing, American University of Madaba, Jordan, Graduate School of Business Administration, German Jordanian University, Amman, Jordan.

Nurazizah. (2010). Strategi promosi dalam menarik minat nasabah koperasi BMT-UGT SIDOGIRI. (skripsi) IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan SyariahTerhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. Equilibrium, 98.

Putri Elit Almida, (2019) Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dalam Pengembangan Produk-Produk Bank Syariah(Studi Pada Bni Syariah Cabang Bengkulu). Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Rahman Ardilla, A. (2021).Pedoman Penulisan Skripsi dan Naskah Publikasi. Gowa: LP2M IPI Gowa

Rusliani. (2017). Analisis model promosi Bank Muamalat Indonesia terhadap Market Share kota bandar lampung. Jurnal Ekonomi Syariah.

Rahmayanti, A. (2018). Relevansi Promosi terhadap Minat Nasabah Dalam Melakukan Transaksi Di Bank Syariah Mandiri KCKepanjen. (skripsi) Universitas Muhammadiyah Malang .

Sugiyono. (2007). memahami penelitian kualitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Siregar, B, G. (2016). Pengaruh Promosi Dan Lokasi Usaha Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Giro Wadi’ah Di Pt. Bank Sumut Cabang Syariah Padang sidimpuan. 18. Tazkir.

Sudarsono, Heri. (2008). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi, Yogyakarta: Ekonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-27

Cara Mengutip

Andri, H., & Fatimah. (2022). EFEKTIVITAS PROMOSI (BRANDING) DALAM MENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA KCP GOWA. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), 48-64. Diambil dari http://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/287