Relevansi Pemikiran Ekonomi Islam Klasik Dalam Teori Makro Ekonomi Syariah

Penulis

  • Wilda Risydiyani STAI Syubbanul Wathon

Kata Kunci:

Ekonomi Islam Klasik, Teori Makro Ekonomi Syariah, Implementasi Ekonomi Syariah

Abstrak

Penelitian ini mendalami konsep-konsep ekonomi Islam klasik dan implementasinya dalam teori makro ekonomi syariah. Dengan fokus pada larangan riba, keadilan distribusi, dan zakat, tinjauan teoritis mengungkap relevansi konsep-konsep tersebut dalam ekonomi global. Studi kasus melibatkan analisis perbankan syariah dan pengalaman negara-negara Timur Tengah, menyoroti implementasi kebijakan moneter tanpa bunga dan kebijakan fiskal berorientasi keadilan sosial. Penelitian menemukan bahwa konsep larangan riba memimpin pada perubahan substansial dalam sistem moneter, sementara zakat mendukung redistribusi pendapatan dan keadilan ekonomi. Hasilnya memberikan landasan bagi kebijakan yang lebih etis dan berkelanjutan, dengan dampak positif pada investasi yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat. Meskipun tantangan melibatkan adaptasi konsep klasik dalam transaksi modern, peluang terbuka untuk mengintegrasikan nilai-nilai ekonomi Islam klasik dengan tren teknologi dan keuangan modern. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya memahami konsep-konsep ekonomi Islam klasik untuk membentuk ekonomi global yang lebih adil dan berkelanjutan. Kesimpulan mencerminkan urgensi implementasi praktis konsep-konsep tersebut dan menegaskan bahwa ekonomi Islam klasik dapat memberikan alternatif etis dan berkelanjutan di era global saat ini.

Referensi

Adinugraha, H. H. (2022). Kontekstualisasi pemikiran ekonomi Islam klasik pada kebijakan perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah, 5(2).

Aini, I., & others. (2019). Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum, 17(2).

Aqbar, K., Iskandar, A., & others. (2019). Kontekstualisasi Kebijakan Zakat Umar bin Abdul Aziz dalam Perzakatan dan Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 3(3), 198–218.

Atmanti, H. D. (2017). Kajian Teori Pemikiran Ekonomi Mazhab Klasik dan Relevansinya pada Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(2), 511–524.

Badruzaman, D. (2019). Riba Dalam Perspektif Keuangan Islam. Al Amwal, 2, 49–69.

Baedowi, A. (2011). Etika bisnis perspektif islam. Jurnal Hukum Islam IAIN Pekalongan, 9(2), 37019.

Bahasoan, A. N., Soumena, F. Y., Arsyad, R., & others. (2023). Identifying Increasing Poverty in Indonesia: Does the Human Development Index and Unemployment Affect Poverty in Indonesia? Migration Letters, 20(8), 585–605.

Baini, N., & Rahmawati, F. (2020). Teori Ekonomi Makro dalam Literatur Islam Klasik. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 120–153.

Dirmawati, D., Sapitri, N. A., Soumena, F. Y., & Mustakim, D. (2023). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. International Journal of Engineering Business and Social Science, 1(04), 1269–1277.

Handayani, L., Hasbi, H., Jihad, S., & others. (2023). The Influence of Productive Zakat Funds and Technology on the Level of Profit of Mustahik Businesses (Case Study on Baznas Makassar City). Asian Journal of Philosophy and Religion, 2(2), 207–222.

Li, X., & Wu, Q. (2023). The impact of digital economy on high-quality economic development: Research based on the consumption expansion. Plos One, 18(12), e0292925.

Mashdurohatun, A. (2011). Tantangan ekonomi syariah dalam menghadapi masa depan Indonesia di era globalisasi. Jurnal Dinamika Hukum, 11, 76–88.

Mubarok, A. B., & Witro, D. (2022). Relevansi Pemikiran Ekonomi Abu Yusuf Dan Al Syaibani Dengan Kebijakan Ekonomi Di Indonesia. TAWAZUN: Journal of Sharia Economic Law, 5(1), 1.

Mudhiiah, K. (2016). Analisis Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Masa Klasik. Iqtishadia, 8(2).

Muin, R. (2020). Manajemen Pengelolaan Zakat. Gowa: Pusaka Almaida.

Muslimah, M., & Wahab, A. (2023). Prinsip Kebebasan dalam Ekonomi Islam. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 9(2), 104–108.

Riady, A., Farida, I., Husna, M., & others. (2024). EXAMINING THE INFLUENCE OF ISLAMIC BRANDING, PHYSICAL EVIDENCE, AND RELATIONSHIP QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY IN THE CONTEXT OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) MAKASSAR BRANCH AT UNISMUH. Journal of Economics, Technology & Business/Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis (JETBIS), 3(3).

Ridlo, A. (2014). zakat dalam perspektif Ekonomi Islam. Al-’Adl, 7(1), 119–137.

Sapitri, N. A., Hasbi, H., Nurhikma, N., & Sari, L. F. Z. (2024). The Influence of Investment Returns and Tabarru Fund Contributions on The Asset Growth of Registered Sharia Life Insurance Companies in Ojk in The Period 2019-2022. International Journal of Engineering Business and Social Science, 2(5), 1284–1296.

Sobarna, N. (2019). Kebijakan Moneter Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Co Management, 1(1), 175–182.

Soumena, F. Y., & Akib, B. (2024). The Effect Of Entrepreneurship Competence And Islamic Business Ethics On The Performance Of Micro And Small Enterprises (SMEs) Makassar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 156–165.

Soumena, F. Y., & Qayyum, N. (2022). Determinan Variabel Word Of Mouth (Wom) Dan Islamic Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Properti Syariah (The Mata Residence Kabupaten Gowa). OIKONOMIKA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 11–31.

Soumena, F. Y., Umaima, U., Nurwahida, N., Syam, D. R. Y., & others. (2024). The Influence of SME Funding and Non-Performing Financing on Indonesia’s Economic Growth in The Period 2015-2022. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 3(3), 166–180.

Suar, A., Meirison, M., & Nazar, Z. (2020). Islamic Economic Redefinition and its Methodology Among Contemporary Thinkers. Kawanua International Journal of Multicultural Studies, 1(1), 7–17.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RD. Cv Alfabeta.

Suharli, S., Kara, M. H., & Pagalung, G. (2022). Komparatif Pertumbuhan Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Ditinjau dari Penggunaanya. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 13–22.

Suharli, S., Wahab, A., & Habbe, A. H. (2021). Application Of Islamic Economic Principles In Realizing Management Banking Without Interest. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 3(2), 277–288.

Syahbudi, M. (2018). Ekonomi makro persfektif islam.

Syarifah, L. (2017). Teori Dasar Ekonomi Mikro Dalam Literatur Islam Klasik. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 74–100.

Yanto, Y., & others. (2018). Relevansi Dan Kontinuitas Pemikiran Islam Klasik Dalam Intelektualisme Islam Melayu Nusantara. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 3(2), 187–197.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Risydiyani, W. (2024). Relevansi Pemikiran Ekonomi Islam Klasik Dalam Teori Makro Ekonomi Syariah. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 1-13. Diambil dari http://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/463