PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, KUALITAS PRODUK, DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Penulis

  • Nadila Lazulfa Rohman UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Ade Irma Suryani Lating UIN Sunan Ampel

Kata Kunci:

fear of missing out, kualitas produk, halal awareness, keputusan pembelian.

Abstrak

Memiliki penampilan menarik merupakan hal yang diutamakan oleh orang-orang, terutama bagi wanita yang memperhatikan kecantikan dan juga identik dengan kecantikan. Berkembangnya teknologi, media sosial, dan platform digital juga mengakibatkan bertambahnya berbagai macam jenis dan merek pada produk kosmetik yang mengakibatkan rasa keinginan konsumen terhadap produk kosmetik semakin tinggi. Dengan berkembangnya teknologi diharapkan bagi industri kosmetik untuk meningkatkan kualitas produk dan adanya kesadaran halal mengingat bahwa indonesia tergolong penggunaan kosmetik halal terbesar di dunia agar dapat bersaing dalam dunia bisnis untuk mempengaruhi keputusan pembelian.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh fear of missing out, kualitas produk halal awareness terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuisioner yang disebarkan secara online kepada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 67 responden yang diperoleh melalui metode purposive sampling.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa fear of missing out tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya karena faktor budget dan cenderung membeli sesuai kebutuhan. Sedangkan kualitas produk dan halal awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya karena semakin baik kualitas produk dan halal awareness maka semakin tinggi keputusan pembelian.

Referensi

Annisaputri, Harini, C., & Magdalena, M. (2020). The Effect of Product Quality and Price on Purchasing Decisions With Perceptions of Halal Labels as Moderation Variables. Innovation Research Journal, 1(1), 34.

Bahasoan, A. N., Soumena, F. Y., Arsyad, R., & others. (2023). Identifying Increasing Poverty in Indonesia: Does the Human Development Index and Unemployment Affect Poverty in Indonesia? Migration Letters, 20(8), 585–605.

Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM?: pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(1), 331–357. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i1.3742

Dirmawati, D., Sapitri, N. A., Soumena, F. Y., & Mustakim, D. (2023). The Influence of Islamic Branding and Brand Ambassadors on Purchase Intention at Tokopedia. International Journal of Engineering Business and Social Science, 1(04), 1269–1277.

Esa, I., Masud, F., & Yusuf Agung Gunanto, E. (2021). Pengaruh Faktor Kesadaran Halal, Harga, Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Orichick di Kota Semarang. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(02), 283. https://doi.org/10.30868/ad.v5i02.1316

Handayani, E. S., & Haryadi, R. (2023). Korelasi Kepribadian Fear Missing Out Terhadap Adiksi Impulsive Online Buying Di Masa Pandemi Pada Anak dan Remaja. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 761–768. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.439

Handayani, L., Hasbi, H., Jihad, S., & others. (2023). The Influence of Productive Zakat Funds and Technology on the Level of Profit of Mustahik Businesses (Case Study on Baznas Makassar City). Asian Journal of Philosophy and Religion, 2(2), 207–222.

Kimkuri, W., & Buntu, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Kota Jayapura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 8–16. https://doi.org/10.55049/jeb.v11i2.64

Klisman, R. (2022). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Safi (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau, 1–23.

Kotler, P, & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. erlangga.

Kotler, P, & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th ed.). England: Pearson Education Limited.

Novianti, N. (2021). Pengaruh Halal Awareness, Pendapatan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal Mui (Studi Pada Milenial Muslim Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Malang, 9(1), 28.

Philip, kotler dan keller kevin lane Kevin Lane Keller, V. S. (2020). Strategic brand management?: building, measuring, and managing brand equityNo Title (5th ed.).

Philip, kotler dan keller kevin lane. (2016). Manajemen Pemasaran (M. . maulana adi, S.E dan Hardani Wibi (ed.); 13th ed.). penerbit erlangga.

Przybylski AK, Murayama K, D. C., & V, G. (2013). Motivational, Emotional, And Behavioral Correlates of Fear of Missing Out. Computers in Human Behavior.

Putri, S. D., Satria, C., & Setiawan, B. (2022). Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Mini Market Mutiara Indah Talang Kelapa Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah, Vol. 2(No. 1), 23–38.

Rakhman, kausar ghaniyu, nugroho, hari susanto, hermani, agus. (2017). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BIORE MEN DI KOTA SEMARANG. 1–2.

Ratnaningsih, Y. R., & Halidy, A. El. (2022). Pengaruh FoMO, kesenangan berbelanja dan motivasi belanja hedonis terhadap keputusan pembelian tidak terencana di e-commerce shopee pada waktu harbolnas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1477–1487.

Raviana, R. (2019). PENGARUH HARGA DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA BANDA ACEH.

Riady, A., Farida, I., Husna, M., & others. (2024). EXAMINING THE INFLUENCE OF ISLAMIC BRANDING, PHYSICAL EVIDENCE, AND RELATIONSHIP QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY IN THE CONTEXT OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) MAKASSAR BRANCH AT UNISMUH. Journal of Economics, Technology & Business/Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis (JETBIS), 3(3).

Salma Egita Fitri Subagyo, & Jojok Dwiridotjahjono. (2021). Pengaruh Iklan, Konformitas Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Mojokerto. E-Bisnis?: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26–39. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.342

Santoso, I. H., Widyasari, S., & Soliha, E. (2021). Fomsumerism?: Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159–171. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i2.230

Sapitri, N. A., Hasbi, H., Nurhikma, N., & Sari, L. F. Z. (2024). The Influence of Investment Returns and Tabarru Fund Contributions on The Asset Growth of Registered Sharia Life Insurance Companies in Ojk in The Period 2019-2022. International Journal of Engineering Business and Social Science, 2(5), 1284–1296.

Siddik, S., Mafaza, M., & Sembiring, L. S. (2020). Peran Harga Diri terhadap Fear of Missing Out pada Remaja Pengguna Situs Jejaring Sosial. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 10(2), 127. https://doi.org/10.26740/jptt.v10n2.p127-138

Soumena, F. Y., & Akib, B. (2024). The Effect Of Entrepreneurship Competence And Islamic Business Ethics On The Performance Of Micro And Small Enterprises (SMEs) Makassar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 156–165.

Soumena, F. Y., & Qayyum, N. (2022). Determinan Variabel Word Of Mouth (Wom) Dan Islamic Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Properti Syariah (The Mata Residence Kabupaten Gowa). OIKONOMIKA: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 11–31.

Soumena, F. Y., Umaima, U., Nurwahida, N., Syam, D. R. Y., & others. (2024). The Influence of SME Funding and Non-Performing Financing on Indonesia’s Economic Growth in The Period 2015-2022. Return: Study of Management, Economic and Bussines, 3(2), 166–180.

Suharli, S., Kara, M. H., & Pagalung, G. (2022). Komparatif Pertumbuhan Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Ditinjau dari Penggunaanya. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 13–22.

Suharli, S., Wahab, A., & Habbe, A. H. (2021). Application Of Islamic Economic Principles In Realizing Management Banking Without Interest. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 3(2), 277–288.

Sujarweni, W. (2014). metodologi penelitian. pustaka baru.

Ustanti, M., Inayah, N., & Yahya, U. (2022). PENGARUH KESADARAN HALAL DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MEMBELI PADA PRODUK MAKANAN DI TOKO “RIZQUNA” BLOKAGUNG KARANGDORO BANYUWANGI. Ekonomi Syariah Darussalam, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen dalam Prespektif Ekonomi Islam. Maliyah?: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 01(01), 18.

Zahra, A., Khairani, U., & Lestari, D. (2023). Pengaruh Fomo, Gaya Hidup Terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa FakultasEknomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 3204–3226.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-28

Cara Mengutip

Nadila Lazulfa Rohman, & Lating, A. I. S. . (2024). PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, KUALITAS PRODUK, DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 32-50. Diambil dari http://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/471