MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN DI RA AL IMAN KOTA BAUBAU

Penulis

  • Erpi Hadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau
  • Nadia Utami Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau
  • Misbayani Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau
  • Nudin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ Baubau

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Bermain Peran, Disiplin

Abstrak

Disiplin adalah kemampuan seseorang untuk menyeimbangkan antara pola pikir dan pola tindakan dikarenakan adanya situasi dan kondisi tertentu dengan pembatasan peraturan yang diperlukan terhadap dirinya oleh lingkungan dimana individu berbeda Pembiasaan dengan disiplin di sekolah akan mempunyai pengaruh yang positif bagi kehidupan peserta didik dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan metode bermain peran terhadap kedisiplinan anak usia dini setelah penggunaan metode bermain peran di RA AL Iman Kota Baubau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sampel berjumlah 19 anak. Pengumpulan data penelitian terdiri atas data primer yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan 3 kali penilaian selama penelitian. Pengolahan data dilakukan secara komputerisasi menggunakan program mikrosoftword exel. Hasil penelitian menunjukkan ada perkembangan kedisiplinan anak datang tepat waktu, anak dapat memelihara lingkungan kelas, anak dapat menyimpan permainan sendiri di tempatnya, dan anak dapat membuang sampah pada tempatnya. Peningkatan kedisiplinan tersebut disajikan dalam bentuk persen dari setiap minggunyasetelah dilakukan metode bermain peran. Berdasarkan penilaian minggu ke 1 rata-rata perkembangan sebanyak 39%, berkembang pada penilaian minggu ke 2 rata-rata sebanyak 75%, dan pada penilaian minggu ke 3 rata-rata penilaian sebanyak 85%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-25