El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah <p>Jurnal el-idarah adalah jurnal berkala yang diterbitkan pertama kali pada bulan Desember 2017 oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Parahikma Indonesia (IPI) Gowa. Jurnal el-idarah mengundang para peneliti dan ilmuan di bidang Manajemen Pendidikan Islam untuk menulis artikel pada jurnal ini. Artikel yang dimuat dalam jurnal el-idarah akan melalui proses editing oleh editor dan dibaca ole reviewer, tetapi secara substansi adalah tanggung-jawab penulis artikel.</p> <p>.</p> en-US hikmahnur620@gmail.com (Nurhikmah, S.Pd.I., M.Pd.) 180102007@parahikma.ac.id (Muhajirah B) Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/125 <p>Dalam sistem pendidikan modern, fungsi guru sebagai penyampai pesan-pesanpendidikan perlu dibantu dengan media pembelajaran agar proses pembelajarandapat berlangsung secara efektif. Hal ini disebabkan karena pekerjaan guruadalah pekerjaan profesional yang membutuhkan kemampuan dan kewenangan. Kemampuan guru dalam menjalankan perannya sebagai pengajar,administrator dan pembina ilmu dapat dilihat dari sejauhmanakah guru dapatmenguasai metodologi media pendidikan di sekolah untuk kepentingan anakdidiknya.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaranpendidikan agama Islam, untuk mengetahui berbagai jenis media pembelajaranyang digunakan dalam proses pembelajaran serta ketepatan penggunaan mediadengan materi pelajaran, serta hasil prestasi belajar siswa setelah adanyapenggunaan media pembelajaran.</p> <p>Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dansiswa sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui prosespembelajaran di kelas.</p> <p>Beberapa faktor yang menghambat antara lain keterbatasan media yang sertakemampuan guru dalam menggunakan media. Oleh karena itu diajukan solusiuntuk segera memprogramkan pengadaan media terutamamedia komputer/LCD dan mengadakan pelatihan guru-guru.</p> Mansyur Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/125 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 Analisis Inovasi Lembaga Pendidikan Islam di Ma Madani Pao-Pao https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/126 <p>Penelitian ini tentang “Analisis Inovasi Lembaga Pendidikan Islam di MAMadani Pao-Pao”. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Penelitian ini berlokasi di MA Mdani Pao-Pao. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah.Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dandokumentasi. Untuk menyajikan data yang merupakan hasil penelitian deskriptif dengan analisisdata secara induktif. Inovasi pendidikan sebagai usaha perubahan pendidikan tidak bisaberdiri sendiri, tapi harus melibatkan semua unsur yang terkait di dalamnya, sepertiinovator, penyelenggara inovasi seperti guru dan siswa. Disamping itu, keberhasilaninovasi pendidikan tidak saja ditentukan oleh satu atau dua faktor saja, tapi juga olehmasyarakat serta kelengkapan fasilitas dan kurikulum yang diterapkan dalam suatuLembaga Pendidikan.</p> Nurhikmah Copyright (c) 2021 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/126 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Perspektif Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/127 <p>Management of facilities and infrastructure in Islamic perspective. Education includesadministering and managing well education Management is the foundation of IslamQur'an and Hadith with the principle of Tauhid, Khalifah and trustful. Furthermore, thefunction of which is popularly called management Planning, Organizing, Actuating andControlling, in line with the teachings of the Qur'an, that in life and life, man must havethe planning , organization , unity and mutual cooperation. In addition it should also beable to move others to do good in the form of motivation, advice and guidance . Thenneeds to be conatrolled and monitored in order to get maximum results.</p> Abdullah Jawawi Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/127 Wed, 24 Mar 2021 00:00:00 +0700 Globalization And It’s Impact On Higher Education In Indonesia https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/128 <p>This study provides an overview of the influence of globalization on higher educationin Indonesia. Globalization has brought positive effects on education as it has led to somechanges including the characteristics of higher education in Indonesia, the number of studentsstudying abroad as well the effort to improve human resource through teacher training. Themajor characteristics changed in education system is that the integration of technology inteaching and learning process. Enabling the implementation of ICT in education will improvethe quality of teaching as well elevate students learning experience in and outside the classroom.Besides, the ability to access any information easily todays has influenced the increasing numberof students studying abroad. The last but not the least, globalization has contributed thedevelopment of human resources in Indonesia. These changes are expected to enable theteachers and students to learn and get information about the recent issue in the world.</p> Nurwahida Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/128 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 The Use Of Literary Texts In Efl Classrooms To Promote Character Education https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/129 <p>This paper proposes the use of literature in EFL (English as a Foreign Language)classrooms to promote character education. It reviews briefly theoretical issues oncharacter education and teaching English through literature. Guidelines are given forthe use of literature in the language classroom. Finally, this paper presents the technicalapplication of teaching and learning through literary texts to promote charactereducation.</p> Sri Mulyani Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/129 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 Pengaruh Perkembangan Anak SD Terhadap Belajar https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/130 <p>Perkembangan siswa merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalamproses belajar. Perkembangan siswa sekolah dasar usia 6-12 tahun yang termasuk padaperkembangan masa pertengahan memiliki fase-fase yang unik dalam perkembanganyang menggambarkan peristiwa penting bagi siswa yang bersangkutan. Denganberbagai penjelasan yang telah disebutkan diatas, maka dapat diketahui bahwaperkembangan anak usia SD yang meliputi usia perkembangannya, perkembanganintelektual, kognitif, bahasa, fisik, dan emosi nya akan sangat berpengaruh dalam prosesbelajarnya. Proses Belajar meliputi: Stimuls, Behaviour, Reinforcement. Unsur unsur belajarmeliputi: Faktor efektif, motivasi, usia, jenis kelamin, dan faktor sosial, kebiasaan belajar, dayaingat. Sedangkan tahap-tahap dalam proses belajar meliputi keterampilan intelektual, strategiberperilaku, informasi, keterampilan motorik, dan sikap. Perkembangan anak SD akanberpengaruh pada proses belajar mereka.</p> Suharli Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/130 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 Analisis Upaya Guru PAI Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren Ash-Shalihin https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/131 <p>Penelitian ini membahas tentang “Analisis Upaya Guru PAI Dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Kurikulum 2013 di Pondok Pesantren Ash-Shalihin”. Adapun jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. penelitian skripsi ini adalah 4 (empat) orang guru Pendidikan Agama Islam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen observasi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pengelolaan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis data secara induktif.</p> <p>Hasil penelitian mengenai upaya guru PAI dalam menerapkan pendekatan scientifik kurikulum 2013 di Pondok Pesantren Ash-Shalihin antara lain: (1) Guru mengikuti pendidikan dan kegiatan diklat (pelatihan), (2) Guru menyiapkan semua fasilitas mulai dari media, sumber belajar seperti buku induk untuk pegangan guru dan murid, dan (3) Guru melakukan tata kelola administrasi. Sedangkan Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung Dalam Menerapkan Pendekatan Scientific Kurikulum 2013 Di Pondok Pesantren Ash[1]Shalihin antara lain sebagai berikut: (1) Faktor penghambat dalam penerapan pendekatan scientific yaitu: Kurangnya pemberian motivasi dalam proses pembelajaran, Kurangnya penguasaan guru terkait penilaian dalam kurikulum 2013, kurangnya sarana dan prasarana seperti media pembelajaran (2) Faktor pendukung dalam penerapan pendekatan scientific kurikulum 2013 yaitu: tersedianya buku-buku berdasarkan kurikulum 2013, Kreatifitas guru dalam mengajar.</p> Suhatnam Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/131 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 Optimalisasi Pelaksanaan Tugas Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/132 <p>Prospek pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional dapat dilihat daritiga sudut pandang, yaitu: pertama, dari sudut pandang sosiologis pendidikanagama Islam mempunyai akar sosiologis yang mengakar pada masyarakat. Kedua,dari sudut pandang yuridis pendidikan agama Islam mempunyai legitimasi yangkuat dalam konstitusi negara dan dalam sistem pendidikan nasional. Ketiga, darisudut pandang politik pendidikan agama Islam didukung pranata-pranata politikyang kuat.</p> <p>Peningkatan mutu pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasionaldiimplementasikan melalui peningkatan profesionalitas guru untukmengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta peningkatanpendidikan Islam segi sumber daya manusia yang intelek memiliki iman, takwa,budi pekerti luhur, dan skill serta dapat mengimplementasikan dalam kehidupansehari-harinya baik hubungan kepada Allah swt maupun hubungan denganmanusia.</p> Takdir Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/132 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700 Manajemen Berbasis Madrasah https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/133 <p>Manajemen Berbasis Madrasah merupakan proses pengintegrasianpemberdayaan sumber daya yang dilakukan madrasah secara mandiri yangmemberdayakan<em> stakeholder</em> madrasah secara langsung dalam proses pengambilankeputusan untuk memenuhi kebutuhan dan peningkatan pemenuhan kebutuhanmadrasah agar dapat memilih pengembangan program yang lebih sesuai dengankebutuhan madrasah dan berdasarkan kemampuan manajerial madrasah untukmencapai tujuan pendidikan nasional secara efisien.</p> Muhammad Rusmin B Copyright (c) 2019 El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/133 Tue, 18 Jun 2019 00:00:00 +0700