Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Menjadi Nasabah Di Baznas Kota Makassar

Penulis

  • Suharli Institut Parahikma Indonesia
  • Bahariska Institut Parahikma Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan muzakki menjadi pelanggan. Jenis penelitian yang populasinya adalah seluruh muzakki BAZNAS kota Makassar, sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengumpulan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data melalui observasi dan dalam bentuk kuisioner menggunakan teknik analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dibuktikan dengan nilai t hitung 2,651, nilai signifikansi 0,009 < 0,05. perhitungan dilakukan untuk mengukur variabel bebas dan variabel terikat yang dapat dijelaskan dengan model regresi linier sederhana. Dan hasil regresi diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0,567 yang artinya variabel kualitas pelayanan dalam penelitian ini berpengaruh 56,7% terhadap keputusan muzakki, sedangkan sisanya 44,,3% dipengaruhi oleh faktor lain. tidak diperiksa oleh peneliti.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada para muzakki BAZNAS Kota Makassar untuk melihat dan menentukan beberapa poin penting untuk memutuskan salah satunya adalah gaya analitis yang merupakan kekuatan atau titik pengambilan keputusan yang mendalam dengan prioritas tinggi untuk vangueness toleransi dan cara berpikir rasional.

Referensi

(KBBI), K. B. (t.thn.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring. Dipetik July 13, 2020, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring: http://kbbi.web.id/muzaki.html

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, 581 (1999).

Lazgis. (2017). Diambil kembali dari https://lazgis.com/ini-pengertian-muzakki-dan-mustahik-kriteria-dan-macam-macamnya/

Arikunto, s. (2006). prosedur penelitian pendekatan suatu praktek. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Bray, J. p. (2009, Juni 18). Teori Perilaku Konsumen: Pendekatan dan Model. makalah diskusi, hal. 2-3.

Canggih, C. d. (2017). Potensi dan Realisasi Dana Zakat Indonesia. al-Uqud: Journal Of Islamic Economics, 23-24.

Diantha, I. M. (2017). Metode Penelitian Hukum Normatif: Dalam Justifikasi Teori H. Jakarta: Prenada Media Grup.

Duwi, P. (2011, November 27). Duwi Consultan. Dipetik Juli 21, 2020, dari Blog Spot: http://duwiconsultant.blogspot.com

Fauzi, Y. (2018). Perlindungan nasabah di lembaga keuangan syariah . jurnal keuangan syariah, 5.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media.

Hidayat, A. (2013, Januari 23). Penjelasan Tentang Uji Normalitas dan Metode Perhitungan. Dipetik Juli 16, 2020, dari Statistikian: http//www.statistikian.com

Hidayat, A. (2013, Januari 4). Statiskian. Dipetik Juli 29, 2020, dari statiskian: https://www.statiskian.com

Iman. (2012, Juli 30). White Devil Blog. Dipetik Juli 29, 2020, dari Iman "white devil" Blog: iman2nblog.wordpress.com

Kasim, A. (1995). Teori pembuatan Keputusan. Jakarta: FE IU.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Pentashihan, L. (2013). Al-Qur'an Terjemah Perkata. Bandung: Nur Alam Semesta Al-Qur'an.

Priyatno, D. (2008). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Qardhawi, Y. (1999). Hukum Zakat. Bogor: Kencana.

Rahmawati, R. Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Muzakki Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Nahdatul Ulama (Laziznu) Gunung Kidul. Jurnal Ekonomi Islam, 1.

Rahmawati, R. Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan muzakki Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdatul lama (LAZISNU) Gunngkidul. Yogyakarta: Google Cendikia.

Ridwan, N. P. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan donatur membayar ZIS di surabya. Jurnal Ekonomi Islam, 66.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA Cv.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Syamsi, I. (1989). Pengambilan Keputusan (Decision Making). Jakarta: Bina Aksara.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset.

Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset.

Wikipedia. (2019, Oktober 26). Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Dipetik July 13, 2020, dari Wikipedia Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Kualitas

Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Cet. 5). Jakarta: Prenadamedia Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-27

Cara Mengutip

Suharli, & Bahariska. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Menjadi Nasabah Di Baznas Kota Makassar. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 1-26. Diambil dari https://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/163