Penerapan Model Pembelajaran Hypnoteaching Dalam Mata Pelajaran PAI

Penulis

  • Muhammad Anwar HM

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Hypnoteaching, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Abstrak

Dalam instrumental input, peran seorang pendidik dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran sangatlah besar. Tiap-tiap pendidik mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memberikan pengajaran. Perbedaan cara pengajaran ini membuat perbedaan kondisi kelas dan tentu saja hasil yang berbeda. Pembelajaran di Indonesia selama ini banyak menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam proses mengajar. Yaitu metode pembelajaran dengan metode ceramah dimana peran pendidik aktif dan peserta didik cenderung pasif. Sekarang sudah ada model yang dianggap lebih bagus. Model yang dimaksud yaitu model pembelajaran hypnoteaching. Model pembelajaran hypnoteaching adalah model pembelajaran yang penyampaian materinya menggunakan bahasa-bahasa bawah sadar yang mampu memunculkan ketertarikan tersendiri pada setiap peserta didik. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan hal yang fundamental terhadap segala aspek kehidupan penganut agama Islam, termasuk pada aspek pendidikan. Dalam penyampaian materi akidah, akhlak perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan hasil pembelajaran lebih memperkuat iman peserta didik dan merubah sikap mereka ke arah yang lebih baik. Salah satu kegiatan pembelajaran tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran hypnoteaching.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-18