Transparansi Penyaluran Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri Kota Palangka Raya

Penulis

  • Elda Ermawati IAIN PALANGKARAYA
  • Abdul Syahid IAIN Palangka Raya
  • Anita IAIN Palangka Raya
  • Khairun Jariyah IAIN Palangka Raya
  • Surtiya Ningsih IAIN Palangka Raya

Kata Kunci:

Transparansi, zakat, penghimpunan, penyaluran

Abstrak

Pengelolaan dana zakat menjadi inti vital dalam kelangsungan lembaga amil zakat (LAZ), termasuk LAZ Nurul Fikri Kota Palangka Raya. Penelitian ini menyajikan sebuah studi kasus tentang pengelolaan dana zakat di LAZ Nurul Fikri Kota Palangka Raya sebagai ilustrasi praktik terbaik dalam konteks Indonesia. Metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif digunakan, melibatkan wawancara dengan pengelola LAZ, analisis dokumen, dan observasi lapangan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kerangka penelitian hukum sosiologis empiris. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Transparansi di LAZ Nurul Fikri Kota Palangka Raya tercermin dalam pelaksanaan kegiatan dan akses informasi yang terbuka untuk publik, menjadikannya sebagai contoh positif dalam pengelolaan zakat di lembaga amil zakat. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan LAZ Nurul Fikri Kota Palangka Raya dalam mengelola dana zakat. Mereka telah menetapkan sistem pengelolaan dana yang transparan dan akuntabel, mengadopsi teknologi informasi untuk mempermudah pelaporan dan pemantauan dana. Selain itu, LAZ ini juga proaktif dalam mengembangkan program pemberdayaan masyarakat melalui dana zakat.

Referensi

Denzim dan Lincoln. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Dwi Haryanto. Strategi Pengelolaan Zakat Dilembaga Amil Zakat Nurul Fikri Zakat Center Dan Badan Amil Zakat Nasional. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.

Hafidhuddin. Zakat Dalam Perekonomian Modern. Gema Insani, Hafidhuddin, 2019, n.d.

Humairoh,S., Bahri, E. S.,dan Syakur, A.B. “Pengungkapan Pemanfaatan Dana Corporate Cocial Responsibilitay Untuk Pencapaian Maqashid Syariah Pada Pt Pln Persero.” Jurnal Imara Vol. 4 No. 2 (2020).

Mohammad Alfi. “Akuntabilitas Dan Transparansi Lembaga Amil Zakat (Studi Terhadap Rumah Peduli Nurul Fikri Kota Palangkaraya).” El-Mashlahah Journal Vol. 8, No. 1 (2018).

Novita Syahriani Dan Nurhayati, Strategi Fundraising Dalam Menghimpun Dana Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Untuk Kemaslahatan Umat Di Lembaga Amil Zakat Al-Washliayah Beramal Sumatra Utara, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), Vol. 2, No.2, Hlm. 1461-1469. 2022.

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, MSi. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif Konsep Dan Prosedurnya, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.

Zulkifli, Arif Mubarok, Faris Rafi Asshiddik Ravieq. “Startegi Fundraising Zakat Pada Las Nurul Fikri Kalimantan Tengah, Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah” Vol. 4 No. 1 (2022).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Ermawati, E., Abdul Syahid, Anita, Khairun Jariyah, & Surtiya Ningsih. (2023). Transparansi Penyaluran Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nurul Fikri Kota Palangka Raya. El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2). Diambil dari http://journal.parahikma.ac.id/el-iqtishod/article/view/439